Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
Solusi Belajar

Kelas Pintar

TANYA

SOAL

Untuk Guru

Untuk Orang Tua

Kelas Pintar
Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
  • EDUTECH
  • Kelas 9
  • TIPS PINTAR

Generic Structure of Advertisement Text

  • 9 September 2020
  • 2 minute read
  • Kelas Pintar

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan baliho yang ada di bahu jalan, maupun brosur-brosur dari supermarket. Semua itu merupakan bentuk startegi pemasaran dengan cara iklan atau dalam Bahasa Inggris disebut advertisement text atau disingkat menjadi Ads.

Dalam satu hari akan banyak iklan bertebaran dimana-mana, misalnya di koran, televisi, radio, maupun media sosial. Advertisement text ini berfungsi untuk mempromosikan barang atau jasa dari suatu lembaga atau perusahaan, sehingga orang-orang mau membeli atau menggunakan produk maupun jasa tersebut.

Adapun salah satu ciri bahasa dalam iklan adalah menggunakan kalimat atau frase persuasif. Pada umumnya, advertisement text memiliki 3 struktur teks, antara lain tujuan (purpose), nama produk (name of product), dan pengguna produk atau layanan (user).

  • Tujuan

Tujuan atau purpose berisi apa itu tujuan dari pembuat iklan dalam mempromosikan produk atau jasa.

  • Nama Produk

Nama produk atau name of product, adalah tentang nama dan merek. Apa produk atau jasa yang akan dijual, atau kegiatan yang dipromosikan seperti apa, dan sebagainya.

  • Pengguna produk

Pengguna produk atau layanan (user), merupakan siapa yang membutuhkan produk atau jasa tersebut? atau orang yang akan disasar.

(Baca juga: Describing Animals dalam Bahasa Inggris)

Ketika ingin membuat advertisement text (teks iklan) maka perlu memperhatikan kebahasaannya baik dari kombinasi kata, klausa, dan kalimat yang bisa memancing emosi dari penonton atau target penjualan. Biasanya, ada 7 jenis fitur bahasa yang biasa digunakan dalam teks iklan tersebut, yaitu :

1. Menggunakan kata sifat untuk menyoroti keunggulan dari sebuah produk atau jasa.
2. Menggunakan kata ganti yang mengacu kepada pembaca, atau pengguna, atau produk.
3. Menggunakan kata teknis atau ilmiah yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang kualitas dari produk dan jasa yang dipasarkan.
4. Memunculkan kata-kata negatif, sebagai tolak ukur untuk menunjukan efek atau manfaat dari suatu produk atau jasa yang di pasarkan.
5. Memilih kata-kata inklusif, atau kata yang membuat generalisasi suatu objek untuk membuat produk atau jasa atau layanan bisa dipercaya.
6. Menggunakan kalimat interogatif, yang diperuntukan guna menanyakan kehidupan sehari-hari pembaca atau masalah dan kemudian menghubungkannya dengan penawaran produk atau jasa tersebut.
7. Menggunakan kalimat imperatif yaitu pernyataan yang terdiri dari perintah, saran, ataupun instruksi.

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet
Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu partner Kemendikbud yang menyediakan sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik.

Related Topics
  • Ads
  • Advertisement Text
  • Bahasa Inggris
  • Iklan
  • Kelas 9
  • Teks Iklan
Previous Article
  • EDUTECH
  • Kelas 7
  • TIPS PINTAR

Merancang Pementasan Fragmen

  • 9 September 2020
  • Kelas Pintar
View Post
Next Article
  • EDUTECH
  • Kelas 7
  • TIPS PINTAR

Memerankan Isi Fabel, Apa yang Perlu Diperhatikan?

  • 9 September 2020
  • Kelas Pintar
View Post
You May Also Like
jenis patung berdasarkan bentuk
View Post
  • Kelas 9

Jenis Patung Berdasarkan Bentuk

  • 30 Januari 2023
  • Kelas Pintar
persilangan monohibrid dan dihibrid, apa bedanya?
View Post
  • Kelas 9

Persilangan Monohibrid dan Dihibrid, Bedanya?

  • 20 Januari 2023
  • Kelas Pintar
simple future tense
View Post
  • Kelas 9

Simple Future Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

  • 11 Januari 2023
  • Kelas Pintar
Kesebangunan Bangun Datar, Beserta Contoh Soal
View Post
  • Kelas 9

Kesebangunan Bangun Datar, Beserta Contoh Soal

  • 9 Januari 2023
  • Kelas Pintar
pengertian ekonomi kreatif
View Post
  • Kelas 9

Pengertian Ekonomi Kreatif

  • 5 Januari 2023
  • Kelas Pintar
View Post
  • EDUTECH
  • Kelas 7
  • TIPS PINTAR

Pengertian Perubahan Fisika dan Kimia Berserta Contohnya

  • 9 Desember 2022
  • Kelas Pintar
pokok pikiran pembukaan uud 1945 1-4 alinea 1 2 3 4 kedua ketiga keempat pertama arti penting brainly sikap positif
View Post
  • Kelas 9

4 Pokok Pikiran Dalam Pembukaan UUD 1945, Apa Saja?

  • 8 Desember 2022
  • Kelas Pintar
pidato persuasif
View Post
  • Kelas 9

Menulis Pidato Persuasif, Apa yang Harus Dilakukan?

  • 28 November 2022
  • Kelas Pintar
Terbaru
  • Sejarah Mata Uang Euro
  • Jenis Patung Berdasarkan Bentuk
  • Beda Warna Talenan dan Fungsinya
  • Sikap Cinta Tanah Air, Seperti Apa?
  • Baterai dan Jenisnya
DOWNLOAD APLIKASI KELAS PINTAR DI:
Follow social media Kelas Pintar:
Facebook
Facebook
fb-share-icon
Twitter
Visit Us
Follow Me
Tweet
YouTube
Instagram
Copyright © 2020 Kelas Pintar, All Rights Reserved

Input your search keywords and press Enter.