Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
Solusi Belajar

Kelas Pintar

TANYA

SOAL

Untuk Guru

Untuk Orang Tua

Kelas Pintar
Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
  • EDUTECH
  • Kelas 8
  • TIPS PINTAR

Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan

  • 18 Juni 2020
  • 3 minute read
  • Kelas Pintar

“Ayo Patuhi Rambu Lalu Lintas!” kira-kira apa yang kalian bisa simpulkan dari pesan iklan layanan masyarakat tersebut? Dalam iklan layanan masyarakat ini, informasi dalam iklan bertujuan menghimbau para pengendara bisa mematuhi rambu lalu lintas, sehingga bisa memperkecil resiko kecelakaan di jalan raya.

Pada materi sebelumnya telah dijelaskan bahwa iklan berfungsi sebagai pengingat yang dapat membuat masyarakat ingat terhadap barang atau jasa yang diiklankan atau memberikan informasi persuasif agar pembaca atau pendengar mengikuti keinginan penulis. Lalu bagaimana kita bisa menyimpulkan pesan dan informasi dalam iklan? Kita simak penjelasannya yuk!

Adapun maksud dari suatu iklan itu sendiri dapat dipahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentukannya. Dimana, unsur-unsur pembentukan iklan terbagi menjadi 6, yaitu penerima, sumber, efek, pesan, media, konteks, dan umpan balik.

  • Penerima adalah suatu individu atau kelompok yang menjadi sasaran dari objek iklan. Misalnya, iklan sebuah lembaga bimbingan belajar tentunya penerima atau sasarannya adalah siswa dan orang tua siswa
  • Sumber bisa meliputi penyandang dana dari pemasang iklan serta orang atau perusahaan yang berinisiatif.
  • Efek adalah perubahan yang terjadi pada pihak penerima iklan, baik dalam aspek sikap, perilaku, kebiasan, pola pikir serta pola hidup. Misalnya, setelah seseorang membaca iklan mengenai berkendara yang baik, efek yang diharapkan adalah terjadinya perubahan dalam bersikap, perilaku, dan kebiasaan berupa selalu memakai helm ketika berkendara, memiliki SIM dan STNK, dan mematuhi peraturan di jalan raya sehingga pesan iklan tersebut akan berdampak pada kurangnya kecelakaan di jalan raya.

(Baca juga: Apa Bedanya Iklan, Slogan dan Poster?)

  • Pesan adalah informasi yang ingin di sampaikan dari iklan kepada objek penerima iklan/ masyarakat yang berwujud pesan verbal maupun nonverbal. Pesan iklan tidak hanya bertujuan agar pembaca menggunakan produk atau jasa iklan tetapi juga bisa berisi pesan moral. Misalnya, jangan membuang sampah sembarangan agar tidak berakibat banjir atau menjadi penyebab penyakit DBD.
  • Media merupakan sarana yang digunakan, bisa berupa media elektronik, cetak, dan sarana lainnya. Saat ini televisi dan internet yang menjadi media iklan paling efektif untuk menginformasikan sebuah produk dan jasa, dikarenakan kedua media elektronik ini digunakan hampir seluruh khalayak.
  • Umpan Balik atau tanggapan adalah reaksi dari penerima pesan. Misalnya, dengan membeli produk yang ditawarkan atau mengikuti program imunisasi MR setelah sebelumnya ada iklan layanan masyarakat mengenai pentingnya imunisasi tersebut.

Penyimpulan Maksud Suatu Iklan

Pola penyajian dan isi iklan sangatlah beragam, dimana dalam konteks ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu terdiri dari iklan strategis dan iklan taktis. Iklan strategis memiliki tujuan untuk membangun merek dan citra positif dari suatu perusahaan dengan tujuan nama suatu perusahaan tersebut menjadi baik di mata masyarakat.

Sedangkan, iklan taktis bertujuan untuk mendorong konsumen segera melakukan kontak terhadap merek tertentu. Seperti ajakan untuk membeli produk tertentu serta melakukan atau tidak melakukan suatu hal.

Menceritakan Kembali Teks Iklan

Untuk menyimpulkan pesan dan informasi dalam iklan dapat dilakukan dengan menceritakan kembali teks iklan tersebut dengan Bahasa yang mudah dipahami baik secara tulisan maupun lisan. Tujuannya, agar pembaca maupun pendengar dapat memahami isi dan pesan iklan kemudian menyimpulkannya sehingga bisa mengambil keputusan terkait informasi yang diberikan iklan.

Dibandingkan dengan teks lainnya, maka iklan merupakan teks yang ringkas, padat, dan penuh makna. Hal ini terkait dengan ruang yang diperlukan dan biaya yang harus dikeluarkan. Semakin luas ruang yang diperlukan untuk penayangan, semakin besar biayanya. Oleh karena itu, kata-kata dalam iklan harus diperhitungkan keefektifannya, sehingga perlu menghindari kata-kata ataupun ilustrasi yang tidak perlu karena akan menghabiskan biaya lebih besar.

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet
Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu partner Kemendikbud yang menyediakan sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik.

Related Topics
  • Bahasa Indonesia
  • Iklan
  • Informasi dalam iklan
  • Kelas 8
  • Pesan Iklan
Previous Article
  • EDUTECH
  • Kelas 7
  • TIPS PINTAR

Pengertian dan Peranan Kewirausahaan

  • 18 Juni 2020
  • Kelas Pintar
View Post
Next Article
  • EDUTECH

Alur Pendaftaran PPDB Online 2020, Cek Disini!

  • 18 Juni 2020
  • Kelas Pintar
View Post
You May Also Like
langkah-langkah menggambar model
View Post
  • Kelas 8

Langkah-langkah Menggambar Model

  • 19 Januari 2023
  • Kelas Pintar
memahami struktur morfologi akar
View Post
  • Kelas 8

Memahami Struktur Morfologi Akar

  • 18 Januari 2023
  • Kelas Pintar
kapasitas paru-paru
View Post
  • Kelas 8

Cari Tahu tentang Kapasitas Paru-paru

  • 16 Januari 2023
  • Kelas Pintar
Karakteristik negara ASEAN (Myanmar)
View Post
  • Kelas 8

Karakteristik Negara Anggota ASEAN, Myanmar

  • 11 Januari 2023
  • Kelas Pintar
besaran dalam gelombang
View Post
  • Kelas 8

Besaran Pada Gelombang

  • 6 Januari 2023
  • Kelas Pintar
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyunting iklan
View Post
  • Kelas 8

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menyunting Iklan

  • 4 Januari 2023
  • Kelas Pintar
Peta Konsep Isi Buku
View Post
  • Kelas 8

Peta Konsep Isi Buku, Apa Ini?

  • 14 Desember 2022
  • Kelas Pintar
View Post
  • EDUTECH
  • Kelas 7
  • TIPS PINTAR

Pengertian Perubahan Fisika dan Kimia Berserta Contohnya

  • 9 Desember 2022
  • Kelas Pintar
Terbaru
  • Sejarah Mata Uang Euro
  • Jenis Patung Berdasarkan Bentuk
  • Beda Warna Talenan dan Fungsinya
  • Sikap Cinta Tanah Air, Seperti Apa?
  • Baterai dan Jenisnya
DOWNLOAD APLIKASI KELAS PINTAR DI:
Follow social media Kelas Pintar:
Facebook
Facebook
fb-share-icon
Twitter
Visit Us
Follow Me
Tweet
YouTube
Instagram
Copyright © 2020 Kelas Pintar, All Rights Reserved

Input your search keywords and press Enter.