Menurut G. R. Terry dalam The Principles of Scientific Management, manajemen adalah usaha untuk mendapatkan tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan kegiatan orang lain. Manajemen juga sama seperti hal lainnya, terdapat unsur-unsur didalamnya. Nah, sebelum kita membahas mengenai unsur-unsur manajemen, penting untuk mengetahui bahwa manajemen sendiri terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu ilmu, seni, dan profesi.
Sebagai ilmu, manajemen dipandang sebagai sesuatu yang selalu berkembang dalam pembuatan keputusan. Manajemen juga dapat diajarkan dan diberikan kepada orang lain.
Sementara itu, manajemen sebagai seni memandang bakat dan talenta. Dalam manajemen, individu dapat mengatur, mengawasi, dan memimpin organisasi dengan karakter, sikap, dan jiwa kepemimpinan yang berbeda-beda pada tiap orang. Karena itu, implementasi manajemen dapat bervariasi, tergantung dari karakter pelaksananya.
Terakhir adalah manajemen sebagai profesi. Hal ini merujuk kepada semua jenis kegiatan harus diawasi oleh semua orang dengan aturan yang jelas, mulai dari perusahaan organisasi dan dirinya sendiri.
(Baca juga: Mengenal Tingkatan Manajemen)
Unsur-unsur manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Unsur-unsur manajemen terdiri dari man, money, materials, methods, machines, dan market.
Man atau manusia berfungsi untuk menggerakkan, memahami, hingga memotivasi karyawan. Karena itu dalam manajemen, manusia juga berperan untuk menyusun rencana serta melaksanakannya untuk mencapai tujuan tertentu.
Money atau uang digunakan dalam manajemen untuk membiayai tenaga kerja, membeli bahan baku, serta membayar biaya perawatan mesin.
Sementara itu, materials atau bahan terdiri dari bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Bahan adalah sumber pelaksanaan proses produksi yang akan ditangani langsung oleh manajer.
Methods atau metode merupakan unsur yang mendukung metode kerja yang efisien dalam pemanfaatan sumber daya, seperti manusia, uang, dan bahan, yang berkaitan dengan aktivitas manajemen.
Unsur manajemen yang selanjutnya adalah machines. Machines atau mesin merupakan unsur manajemen yang signifikan karena mampu meningkatkan efisiensi kerja dan memperkecil biaya produksi.
Unsur manajemen yang terakhir adalah market atau pasar. Pasar merupakan tempat menyalurkan hasil produksi. Selain itu, pasar juga salah satu faktor pendorong peningkatan hasil produksi.
Keenam unsur di atas memiliki perannya masing-masing yang saling mendorong tercapainya tujuan organisasi lewat manajemen.