11 Juni-1 Juli 2019 akan menjadi hari yang dinanti-nanti oleh mereka yang ingin mencoba peruntungan di UGM. Betapa tidak, di tanggal inilah pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM) atau Ujian Tulis (UTUL) akan dibuka.
UTUL UGM sendiri merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM.
Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 bisa mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.
Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.
(Baca juga: UTUL UGM Segera Dibuka, Catat Jadwal Pentingnya)
Berikut prosedur serta kelengkapan lainnya yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar UTUL UGM 2019:
Prosedur Ujian Tulis UGM (UTUL) 2019
- Membuat akun pendaftaran DISINI dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
- Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
- Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA. Lihat petunjuk pembayaran.
- Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian, sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.
Kelengkapan Dokumen Ujian Tulis (UTUL) UGM 2019
Saat ingin melakukan pendaftaran, ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan, untuk kemudian diunggah. Dokumen itu meliputi:
1. Scan Ijazah dalam bentuk PDF (untuk lulusan 2018 dan 2017) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus/SKL (untuk lulusan 2019)
2. Sertifikat hasil UTBK dalam bentuk pdf
3. Scan KTP/Kartu Keluarga
Catatan: pastikan ukuran minimal dokumen adalah 150KB dan maksimal 800KB; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas.
UTUL atau Jalur Mandiri UGM ini akan dilaksanakan di 5 kota yaitu, Jakarta, Pekanbaru, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Peserta bisa memilih lokasi ujian di kota-kota tersebut. Rincian lokasi bisa dilihat melalui situs web penerimaan mahasiswa baru UGM. Peserta yang telah memilih lokasi ujian dan mengunci data tidak dapat pindah lokasi ujian.