Setelah mengenyam pendidikan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Universitas, maka tujuan berikutnya adalah dunia kerja. Namun, langkah awal untuk memasuki dunia kerja maka kamu perlu mengirimkan surat lamaran kerja kepada perusahaan yang diinginkan. Sehingga mereka bisa mempertimbangkan apakah kamu sesuai dengan kriteria perusahaan tersebut.
Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat yang paling sering dibuat dalam kehidupan sehari-hari. Dimana, pengertian dari surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di perusahaan atau instansi tertentu.
Secara sederhana surat lamaran kerja dapat menjadi identitas pelamar. Oleh karena itu, kita harus mampu menulis surat ini dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang diinginkan semakin besar.
Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Surat Lamaran Pekerjaan
Karakteristik surat lamaran kerja yang baik adalah yang memperhatikan unsur-unsur berikut:
- Tanggal Surat, Pada bagian ini biasanya penulisan tanggal surat akan diletakan di bawah alamat pengirim dengan jarak dua atau tiga barisan.
- Lampiran dan perihal surat, pada bagian ini melampirkan data diri dan tujuan dikirimkan surat tersebut.
- Alamat surat, Pada bagian ini kamu harus menulis nama perusahaan secara lengkap pada baris pertama. Kemudian diikuti dengan nama gedung pada baris kedua dan nama jalan maupun alamat lengkap pada baris selanjutnya.
- Salam pembuka, Menuliskan dalam pembuka dalam Bahasa Indonesia cukup menggunakan kata “Dengan Hormat”.
- Isi surat, Di dalam isi surat lamaran kerja terbagi ke dalam tiga bagian utama yaitu alinea pembuka yang bertujuan untuk memberikan kesan pertama dan menarik perhatian recruiter, tubuh surat (isi), dan alinea penutup.
- Salam penutup, Salam penutup dituliskan dua atau tiga spasi di bawah baris terakhir isi surat sedangkan jika dibuat dengan tulisan tangan maka salam penutup diletakkan dua atau tiga baris di bawah baris terakhir isi surat.
- Tanda tangan dan nama identitas pengirim
Bagian Surat Lamaran Pekerjaan
Pada dasarnya surat lamaran pekerjaan terdiri atas 3 bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Pada bagian isi surat, kita harus mencantumkan sumber informasi lowongan, posisi yang dilamar dan pernyataan akan melamar di perusahaan tersebut.
Selain itu, bagian dari isi surat perlu mencantumkan informasi diri secara singkat seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat rumah dan hal-hal yang perlu untuk dilampirkan. Terakhir bagian penutup surat, perlu mencantumkan seperti “ Demikianlah surat lamaran ini saya ajukan kepada perusahaan Bapak/ Ibu. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya mengucapkan terima kasih.”