Guna menawarkan suatu produk atau jasa yang dijual, maka seorang produsen akan menggunakan cara-cara promosi yang menarik, salah satunya melalui iklan. Saat ini banyak media yang bisa digunakan untuk beriklan, namun seiring pesatnya teknologi maka jenis iklan elektronik menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau konsumen.
Iklan elektronik adalah iklan yang muncul, tampil, atau terdengar di berbagai media elektronik. Iklan jenis ini disebut sebagai elektronik karena media penyampain yang digunakan adalah benda elektronik. Diketahui, televisi (TV) merupakan peralatan rumah tangga yang menjadi ilustrasi terbaik jenis iklan elektronik.
Pada dasarnya iklan elektronik merupakan cara ekonomis beriklan untuk terhubung satu sama lain baik dengan menggunakan peralatan dan jaringan media atau sumber daya media sosial. Setidaknya ada tiga jenis iklan elektronik yang saat ini bisa dengan mudah kita temui, yaitu iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
Iklan Radio
Radio adalah media elektronik yang mengandalkan suara untuk menarik para pendengarnya. Jenis iklan elektronik ini hanya memiliki suara dan tidak memiliki gambar.
Baca juga: Memahami Bahasa Dalam Iklan
Adapun iklan yang disiarkan di radio dapat berupa percakapan (narasi yang menggambarkan produk), musik, efek suara, atau perpaduan antara ketiganya. Berbagai efek suara ini digunakan untuk memberikan gambaran yang nyata kepada pendengar mengenai iklan produk tersebut.
Iklan Televisi (TV)
Sesuai dengan namanya, iklan televisi ini adalah iklan yang ditampilkan atau disiarkan melalui televisi (TV). Iklan televisi mempunyai keunggulan karena terlihat lebih menarik, mengingat disertai dengan gambar, animasi, dan suara.
Karena iklan televisi dapat dilihat dan didengarkan, maka iklan televisi sangatlah menarik perhatian dan lebih mengesankan.
Iklan Internet
Jenis iklan internet hanya dapat dijumpai dijaringan internet. Iklan internet sangat beragam jenisnya dan interaktif. Beberapa diantaranya hanya berupa tulisan, beberapa hanya berupa suara, dan beberapa lainnya merupakan kombinasi keduanya.
Disamping itu, iklan yang ditampilkan melalui internet bisa meningkatkan kecepatan perputaran informasi. Selain itu, informasi dari iklan bisa disampaikan dengan lebih interaktif kepada target pembeli.