Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
Solusi Belajar

Kelas Pintar

TANYA

SOAL

Untuk Guru

Untuk Orang Tua

Kelas Pintar
Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
  • Kelas 5

Memahami Bahasa Dalam Iklan

  • 25 April 2022
  • 2 minute read
  • Kelas Pintar
bahasa iklan, iklan, bahasa dalam iklan

Iklan bukan lagi hal yang asing dalam keseharian kita. Iklan menjadi salah satu media promosi paling efektif dalam memasarkan sesuatu kepada konsumen, karena dinilai memiliki daya jangkau yang luas dan masif. Meski begitu, penting untuk diketahui bahwa ada perbedaan antara bahasa iklan dengan bahasa sehari-hari.

Ya, seperti halnya jenis iklan itu sendiri yang berbeda antara yang satu dengan yang lain – dalam hal ini tergantung produk yang diiklankan, bahasa dalam iklan juga memiliki ciri yang khusus. Bahkan bisa berbeda antara jenis iklan yang satu dengan yang lain. Meskipun semua jenis produk yang diiklankan pada dasarnya memiliki tujuan sama, yakni memengaruhi orang yang menonton iklan tersebut agar membeli barang yang diiklankan.

Tidak berlebihan, jika kemudian iklan dibuat semenarik mungkin, dengan pilihan bahasa yang juga tak kalah menarik. Tak jarang, menyematkan sesuatu seperti lagu juga kerap dilakukan, demi membuatnya lebih bervariasi. Jadi, percakapan tidak menjadi satu-satunya hal yang didengar konsumen dalam iklan.

Kalimat yang terdapat dalam lagu iklan juga sengaja berulang-ulang, agar orang dapat semakin terpengaruh untuk membeli barang tersebut dan menonjolkan informasi yang ingin disampaikan kepada penonton.

Ciri Khas Bahasa Iklan

Berdasarkan iklan yang telah kita amati selama ini, apakah itu iklan di televisi ataupun media lainnya, bahasa iklan memiliki kekhasannya masing-masing. Nah, berikut ini beberapa ciri khas yang perlu diketahui dari bahasa iklan.

Baca juga: Jenis Iklan Berdasarkan Produk yang Diiklankan

1. Pilihan kata yang digunakan dalam iklan harus menarik, sopan, sesuai dan logis
2. Pilihan kata yang digunakan dalam iklan harus bisa memengaruhi penonton agar membeli.
3. Pilihan kata yang digunakan dalam iklan mengutamakan informasi yang ingin disampaikan.

Sementara itu, Taufiqur Rahman S.Pd, sebagaimana dilansir Kumparan, dalam bukunya yang berjudul Teks dalam Kajian dan Struktur Kebahasaan menjabarkan ciri-ciri bahasa iklan sebagai berikut:

  • Menggunakan Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Slogan biasanya terdiri dari empat sampai lima kata yang mudah diingat dan memiliki daya tarik. Ini supaya pesan yang dimaksud bisa diterima oleh orang yang terkena terpaan iklan tersebut.

  • Penggunaan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca, pendengar, maupun penonton agar melaksanakan atau menerima gagasan yang dibuat oleh pembuat iklan.

Contoh kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk salah satunya yaitu “Jika tidak pasang sekarang, kapan lagi? Kunjungi outlet terdekat kami.”

  • Menggunakan Subjek Orang Pertama

Iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti “aku”, “saya”, dan “kami” untuk mengganti pihak brand atau instansi pemasang iklan.

  • Bahasa yang Singkat, Padat, dan Jelas

Iklan yang baik harus menyajikan pesan yang singkat, berbobot, serta isi pesan yang disampaikan harus jelas agar dapat diterima dengan baik oleh khalayak.
Bahasa yang digunakan juga harus memikat dan memiliki daya sugesti, akan tetapi juga harus objektif. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata berkonotasi positif agar lebih dipercaya oleh khalayak.

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet
Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu partner Kemendikbud yang menyediakan sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik.

Related Topics
  • Bahasa Iklan
  • ciri bahasa iklan
  • Iklan
Previous Article
malaria, penyakit malaria, cara penanganan malaria
  • INSPIRASI

Apa Penyebab Malaria dan Bagaimana Cara Penanganannya?

  • 25 April 2022
  • Kelas Pintar
View Post
Next Article
Agresi Militer Belanda II
  • Kelas 9

5 Fakta Penting Tentang Agresi Militer Belanda II

  • 26 April 2022
  • Kelas Pintar
View Post
You May Also Like
skala pada peta, peta, menentukan skala
View Post
  • Kelas 5

Cara Menentukan Skala, Jarak Sebenarnya dan Jarak Pada Peta

  • 1 Juli 2022
  • Kelas Pintar
interaksi manusia dan lingkungan
View Post
  • Kelas 5

Dampak Interaksi Manusia Dengan Lingkungan

  • 25 Juni 2022
  • Kelas Pintar
iklan kolom dan iklan baris, iklan kolom, iklan baris
View Post
  • Kelas 5

Iklan Kolom dan Iklan Baris, Apa Bedanya?

  • 8 Juni 2022
  • Kelas Pintar
nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, pancasila
View Post
  • Kelas 5

Apa Saja Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Pancasila?

  • 2 Juni 2022
  • Kelas Pintar
jenis iklan elektronik, iklan elektronik
View Post
  • Kelas 5

Jenis Iklan Elektronik yang Perlu Diketahui

  • 12 Mei 2022
  • Kelas Pintar
pecahan, pecahan perkalian
View Post
  • Kelas 5

Operasi Hitung Pecahan Perkalian

  • 9 Mei 2022
  • Kelas Pintar
daur hidup hewan
View Post
  • Kelas 5

Memahami Proses Daur Hidup Hewan

  • 4 Mei 2022
  • Kelas Pintar
cara menghitung kecepatan
View Post
  • Kelas 5

Cara Menghitung Kecepatan Beserta Contoh Soal

  • 28 April 2022
  • Kelas Pintar
Terbaru
  • Menghitung Luas Permukaan Prisma
  • Sejarah Penemuan Vaksin Rabies oleh Louis Pasteur
  • Diderita Justin Bieber, Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome?
  • 7 Destinasi Liburan yang Cocok Untuk Keluarga
  • Sejarah Perjuangan Rakyat Semarang
DOWNLOAD APLIKASI KELAS PINTAR DI:
Follow social media Kelas Pintar:
Facebook
Facebook
fb-share-icon
Twitter
Visit Us
Follow Me
Tweet
YouTube
Instagram
Copyright © 2020 Kelas Pintar, All Rights Reserved

Input your search keywords and press Enter.