Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
Solusi Belajar

Kelas Pintar

TANYA

SOAL

Untuk Guru

Untuk Orang Tua

Kelas Pintar
Kelas Pintar
  • Kelas Pintar
    • Solusi Murid
      • Kelas Pintar Regular
      • TANYA
      • SOAL
    • Solusi Guru
    • Solusi Orang Tua
    • Bantuan
  • INSPIRASI
  • TIPS PINTAR
    • Kelas 7
    • Kelas 8
    • Kelas 9
    • Kelas 10
    • Kelas 11
    • Kelas 12
  • EDUTECH
  • UN
  • PARENTING
  • SNMPTN-SBMPTN
  • Kelas 7

Penerapan Kolaborasi Dalam Bidang Pemasaran

  • 21 April 2022
  • 2 minute read
  • Kelas Pintar
kolaborasi bidang pemasaran

Sebagian masyarakat/pengusaha mungkin masih menggunakan cara bisnis tradisional untuk mendapatkan keuntungan. Namun pada era teknologi yang berkembang saat ini, kolaborasi digital merupakan salah satu opsi strategi bisnis yang tepat dan menguntungkan. Salah satu kolaborasi digital yang bisa dilakukan adalah dengan Collaborative Marketing atau bisa disebut kolaborasi bidang pemasaran.

Seperti diketahui, kolaborasi digital sendiri merupakan konsep dimana kita dapat berbagi satu dengan yang lain lewat berbagai sumber dan bekerja secara bersama-sama dengan perkembangan teknologi. Jadi konsep ini memungkinkan untuk menggabungkan beberapa pelaku industri satu dengan yang lain.

Beberapa pelaku industri dengan menggunakan sebuah teknologi, misalnya aplikasi ataupun perangkat lain yang berkaitan dengan teknolohi untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan masing-masing.

Sementara itu, kolaborasi bidang marketing adalah proses untuk menyeleraskan minat, tujuan, sumber daya, dan kemampuan pemasaran perusahaan dengan perusahaan lain yang sudah memiliki ide yang sama.

Pada dasarnya pemasaran kolaboratif ini dapat digunakan untuk meningkatkan prospek, merek, dan pengaruh dipasar bisnis. Seperti contohnya dalam dunia pemasaran Google, Apple, Airbnb memiliki nilai yang besar di masyarakat. Sehingga bisa bekerjasama dengan brand lainnya untuk meningkatkan pemasaran.

Jadi melalui kolaborasi bidang pemasaran, yaitu dengan menggunakan brand untuk melakukan pemasaran dapat berdampak baik pada brand dari aspek-aspek produk lain. Beberapa contoh kerjasama yang berhasil antara Airbnb dan perusahaan penerbangan KLM, Apple dan Nike, maupun Google dan Kitkat.

Baca juga: Penerapan Kolaborasi dalam Bidang Industri

Collaborative Marketing (kolaborasi bidang pemasaran) dapat menambah nilai bagi kedua belah pihak jika merek dapat menyelaraskan strategi dan pemikiran. Kedua brand yang terlibat akan ikut serta pertumbuhan pasar, pengurangan biaya, dan cakupan pasar yang luas. Namun, untuk mencapai sukses perusahaan harus bisa memilih partner yang tepat yaitu dapat meningkatkan nilai yang diterima oleh pelanggan dan meningkatkan nilai dari produk yang dipasarkan.

Umumnya kolaborasi bidang marketing dapat memberikan layanan yang berkualitas memenuhi kebutuhan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Oleh karena itu pemasaran kolaboratif dapat digunakan untuk menambah nilai produk yang ada, meluncurkan produk baru, membuka pasar produk baru, atau mempromosikan produk dengan cara baru kepada pelanggan milenial.

Please follow and like us:
fb-share-icon
Tweet
Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu partner Kemendikbud yang menyediakan sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik.

Related Topics
  • Informatika
  • Kolaborasi bidang pemasaran
Previous Article
sejarah hari kartini, hari kartini
  • INSPIRASI

Sejarah Hari Kartini yang Diperingati Setiap 21 April

  • 21 April 2022
  • Kelas Pintar
View Post
Next Article
pesawat terbang, ketinggian pesawat terbang
  • INSPIRASI

Seberapa Tinggi Pesawat Bisa Terbang?

  • 21 April 2022
  • Kelas Pintar
View Post
You May Also Like
Jenis Hutan di Indonesia
View Post
  • Kelas 7

Mengenali Jenis Hutan di Indonesia

  • 15 Maret 2023
  • Kelas Pintar
alasan cairan termometer
View Post
  • Kelas 7

Alasan Termometer Menggunakan Cairan Alkohol atau Raksa

  • 9 Maret 2023
  • Kelas Pintar
Membuat Grafik Data
View Post
  • Kelas 7

Langkah Sederhana Membuat Grafik Data

  • 6 Maret 2023
  • Kelas Pintar
Lambang Unsur dan Cara Penulisan
View Post
  • Kelas 7

Lambang Unsur dan Cara Penulisan

  • 3 Maret 2023
  • Kelas Pintar
Zaman Neozoikum
View Post
  • Kelas 7

Cari Tahu Lebih Jauh tentang Zaman Neozoikum

  • 23 Februari 2023
  • Kelas Pintar
Apa saja penyebab tenaga endogen?
View Post
  • Kelas 7

Apa Saja Penyebab Dari Tenaga Endogen?

  • 22 Februari 2023
  • Kelas Pintar
demonstrative pronoun this and that
View Post
  • Kelas 7

Demonstrative Pronoun (Kata Ganti Penujuk) This dan That

  • 8 Februari 2023
  • Kelas Pintar
apa itu besaran turunan
View Post
  • Kelas 7

Apa Itu Besaran Turunan?

  • 17 Januari 2023
  • Kelas Pintar
Terbaru
  • Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Desimal, Beserta Contoh
  • Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan
  • Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur, Puasa Ngga Pake Lemas!
  • Indikator Distribusi Pendapatan Nasional
  • Cara Efektif Mengatasi Anak yang Sulit Tidur
DOWNLOAD APLIKASI KELAS PINTAR DI:
Follow social media Kelas Pintar:
Facebook
Facebook
fb-share-icon
Twitter
Visit Us
Follow Me
Tweet
YouTube
Instagram
Copyright © 2020 Kelas Pintar, All Rights Reserved

Input your search keywords and press Enter.