Sebagian masyarakat/pengusaha mungkin masih menggunakan cara bisnis tradisional untuk mendapatkan keuntungan. Namun pada era teknologi yang berkembang saat ini, kolaborasi digital merupakan salah satu opsi strategi bisnis yang tepat dan menguntungkan. Salah satu kolaborasi digital yang bisa dilakukan adalah dengan Collaborative Marketing atau bisa disebut kolaborasi bidang pemasaran.
Seperti diketahui, kolaborasi digital sendiri merupakan konsep dimana kita dapat berbagi satu dengan yang lain lewat berbagai sumber dan bekerja secara bersama-sama dengan perkembangan teknologi. Jadi konsep ini memungkinkan untuk menggabungkan beberapa pelaku industri satu dengan yang lain.
Beberapa pelaku industri dengan menggunakan sebuah teknologi, misalnya aplikasi ataupun perangkat lain yang berkaitan dengan teknolohi untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan masing-masing.
Sementara itu, kolaborasi bidang marketing adalah proses untuk menyeleraskan minat, tujuan, sumber daya, dan kemampuan pemasaran perusahaan dengan perusahaan lain yang sudah memiliki ide yang sama.
Pada dasarnya pemasaran kolaboratif ini dapat digunakan untuk meningkatkan prospek, merek, dan pengaruh dipasar bisnis. Seperti contohnya dalam dunia pemasaran Google, Apple, Airbnb memiliki nilai yang besar di masyarakat. Sehingga bisa bekerjasama dengan brand lainnya untuk meningkatkan pemasaran.
Jadi melalui kolaborasi bidang pemasaran, yaitu dengan menggunakan brand untuk melakukan pemasaran dapat berdampak baik pada brand dari aspek-aspek produk lain. Beberapa contoh kerjasama yang berhasil antara Airbnb dan perusahaan penerbangan KLM, Apple dan Nike, maupun Google dan Kitkat.
Baca juga: Penerapan Kolaborasi dalam Bidang Industri
Collaborative Marketing (kolaborasi bidang pemasaran) dapat menambah nilai bagi kedua belah pihak jika merek dapat menyelaraskan strategi dan pemikiran. Kedua brand yang terlibat akan ikut serta pertumbuhan pasar, pengurangan biaya, dan cakupan pasar yang luas. Namun, untuk mencapai sukses perusahaan harus bisa memilih partner yang tepat yaitu dapat meningkatkan nilai yang diterima oleh pelanggan dan meningkatkan nilai dari produk yang dipasarkan.
Umumnya kolaborasi bidang marketing dapat memberikan layanan yang berkualitas memenuhi kebutuhan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Oleh karena itu pemasaran kolaboratif dapat digunakan untuk menambah nilai produk yang ada, meluncurkan produk baru, membuka pasar produk baru, atau mempromosikan produk dengan cara baru kepada pelanggan milenial.