Iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Umumnya, iklan disampaikan melalui media massa seperti surat kabar dan majalah ataupun di tempat umum. Agar khalayak atau konsumen tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan, maka dalam menyunting iklan perlu adanya pemilihan kata maupun bahasa yang persuasif dan beberapa hal lainnya.
Seperti diketahui, iklan dapat kita temui di berbagai tempat mulai dari internet, televisi, Koran, sampai di jalanan. Faktanya memang ada banyak sekali jenis iklan baik itu komersial ataupun nonkomersial. Pembagian macam-macam iklan ini juga dilakukan berdasarkan isi dan juga sifat iklan tersebut.
Terciptanya sebuah iklan yang menarik tentunya harus melewati fase menyunting yang baik. Dimana, menyunting iklan atau mengedit iklan, slogan, atau poster bertujuan agar iklan, slogan, atau poster yang dibuat lebih sempurna khususnya sesuai dengan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan iklan yang baik.
Contoh iklan :
Dalam menyunting iklan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :
- Apakah isi, struktur, ejaan, tanda baca, dan penggunaan bahasanya sudah tepat dan sesuai?
Pada iklan di atas terdapat kata yang ejaannya kurang tepat, seperti penggunaan kata finishing sebaiknya diganti dengan kata proses penyelesaiannya.
Baca juga: Memahami Struktur Teks Iklan
- Apakah informasi yang diberikan mudah dipahami?
Pada iklan terdapat informasi mengenai produk mudah dipahami, sayangnya tidak terdapat informasi lanjutan seperti perusahaan yang membuat atau alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memperoleh produk tersebut.
- Apakah kata-kata yang digunakan persuasif atau ringkas?
Dalam iklan di atas tidak terdapat bahasa yang persuasive atau pun ringkas. Justru terdapat informasi yang lengkap mengenai ketersediaan pilihan produk.
- Apakah sudah berisi ilustrasi yang menarik dan mudah dipahami?
Ilustrasi yang menarik belum terdapat dalam iklan di atas karena hanya terdapat sebuah gambar kursi. Memang sudah dapat dipahami maksud iklan tersebut yaitu menjual produk mebel berbahas dasar kayu hanya sayangnya kurang menarik.
- Apakah iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan produk yang dijual serta sesuai dengan pangsa pasar yang diinginkan?
Iklan tersebut memiliki tampilan yang sesuai dengan produk yang akan dijual yaitu gambar kursi kayu yang mewakili mebel berbahan dasar kayu jati dan mahoni. Pangsa pasarnya pun sudah jelas, yaitu masyarakat luas yang senang menggunakan furniture atau peralatan rumah tangga berbahan dasar kayu.