Permasalahan kesenjangan ekonomi, baik tingginya angka pengangguran dan rendahnya penyerapan modal yang ada di Indonesia, membuat pemerintah mendukung untuk mengembangkan industri ekonomi kreatif di dalam negeri. Dimana, ekonomi kreatif menekankan kreativitas, ide, maupun sumber daya manusia di Indonesia.
Dilansir dari Wikipedia ekonomi kreatif adalah sebuah konsep pada era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.
Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 2006 ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan untuk mendorong pengembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Perwujudan ekonomi kreatif di Indonesia sendiri tampak nyata ketika pada tahun 2009 diadakan pekan produk kreatif dan pameran ekonomi kreatif yang menjadi agenda tahunan di beberapa kota termasuk Jakarta.
Kementrian Perdagangan mengidentifikasi setidaknya ada 14 sektor usaha ekonomi kreatif yang mulai berkembang sejak tahun 2006. Berikut adalah beberapa sektor usaha yang dimaksud:
- Periklanan
Periklanan merupakan bidang layanan jasa yang digunakan sebagai sarana promosi suatu produk. Kreativitas merupakan faktor utama yang memengaruhi keberhasilan iklan di masyarakat.
- Kerajinan
Kerajinan merupakan jenis usaha yang bergerak dalam bidang penyampaian ide, gagasan, serta kreativitas menjadi suatu produk seni yang dapat dinikmati oleh pecinta seni. Karena proses berbasis pada kreativitas maka nilai kerajinan umumnya cukup tinggi.
Baca juga: Memahami Konsep Ekonomi Kreatif
- Pasar Barang Seni
Barang seni merupakan produk karya seni yang berupa barang asli, langka, unik, serta memiliki nilai keindahan yang membuatnya menarik. Produk yang diperdagangkan di dalam pasar seni belum tentu memiliki nilai guna tetapi memiliki nilai keindahan tersendiri.
- Arsitektur
Arsitektur merupakan sektor ekonomi kreatif yang menawarkan jasa desain infrastruktur, perencanaan hingga pembangunan infrastruktur. Kreativitas sangat dibutuhkan disektor ini untuk menghasilkan bangunan yang menarik serta tepat guna.
- Desain
Desain merupakan bidang yang baru dilirik di Indonesia, bidang usaha ini menawarkan desain baik grafis maupun manual untuk produk yang dibuat oleh produsen agar produk tersebut dapat menarik minat konsumen.
- Fashion
Fashion merupakan bidang yang banyak dilirik oleh industri kreatif, karena fashion tidak memiliki batasan kreativitas serta terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
- Video, Film, dan Fotografi
Pada era digital seperti sekarang film, video, dan fotografi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia tetapi penawaran ide film/ video yang segar dan orisinil akan membuat film tersebut menarik bagi konsumennya.
- Permainan Interaktif
Permainan kreatif baru berkembang di awal tahun 2010-an ketika beberapa produsen game mulai melirik sektor permainan kreatif. Setelah itu, berbagai ide baru muncul dan menciptakan peluang usaha baru yang menantang kreativitas.
- Musik
Musik merupakan sarana relaksasi yang dapat dinikmati oleh setiap manusia. Ide, gagasan, serta kreativitas dalam bidang lirik, instrumen hingga warna musik memberikan pengaruh terbesar, apakah sektor itu dapat diterima atau tidak oleh masyarakat.
- Seni Pertunjukan
Seni pertunjukan tradisional saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, akan tetapi seni pertunjukan modern seperti teater dan drama musikal dengan ide dan kreativitas baru memberikan warna tersendiri dan dapat menarik minat konsumen.
- Penerbitan dan Percetakan
Pada awalnya industri penerbitan dan percetakan lesu di Indonesia. Akan tetapi dengan mudahnya penulisan konten yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang kreatif maka peluang usaha dalam sektor ini kembali terbuka.
- Layanan Komputer dan Peranti Lunak
Industri layanan komputer dan peranti lunak merupakan kegiatan kreatif yang berkaitan pengembangan teknologi. Setiap manusia Indonesia harus menguasai sekurang-kurangnya satu keterampilan komputer untuk menciptakan bidang usaha baru yang segar dan diminati oleh masyarakat.
- Televisi dan Radio
Pada saat ini peranan televisi dan radio mulai tergeser dengan berbagai platform berbagai video digital. Akan tetapi, dengan kreativitas dan ide-ide baru bukan tidak mungkin televisi dan radio akan kembali bangkit.
- Riset dan Pengembangan
Riset dan pengembangan merupakan kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu , teknologi, serta penerapan ilmu pengetahuan tersebut untuk berbagai sektor usaha lainnya.