5 Cara Ampuh Taklukkan Soal HOTS Dalam Ujian Nasional

Schoolgirls working at the table in elementary school class

Buat kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 6, 9 dan 12, momen-momen seperti sekarang ini tentu menjadi momen yang menegangkan. Betapa tidak, Ujian Nasional semakin dekat dan dekat saja. Alhasil, hari-hari penuh dengan belajar pun tak terhindarkan. Mulai dari di sekolah, bimbel atau bimbingan belajar, hingga dengan kesadaran sendiri memanfaatkan teknologi dengan belajar online. Tujuannya satu, lebih siap menghadapi UN. Apapun soalnya, termasuk HOTS atau High-Order Thinking Skills.

Ya, berdasarkan informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, soal tipe ini masih akan digunakan lho pada UN 2019, dengan jumlah maksimal 15 sampai 20 persen. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bahkan menyebut soal UN dengan konsep HOTS tahun ini bakalan lebih sulit dibandingkan tahun sebelumnya. Wah… wah…

Eits, jangan panik dulu! Dimasukkannya soal HOTS oleh Kemendikbud bukan tanpa sebab. Usut punya usut, ini dilakukan demi meningkatkan daya serap kemampuan siswa yang awalnya hanya level basic menjadi lebih dari itu. Kalau boleh dibilang, higher thinking skill gitu deh, alias kemampuan berpikir yang lebih baik.

Pasalnya, ke depan itu kita akan menemukan banyak tipe profesi baru yang belum ada pada masa kini. Karena itu, paham atau mengerti konsep dari materi yang diajarkan pun sangat diajurkan.

Nah, untuk menaklukan soal tipe ini gimana? Simple, tidak ada yang lebih baik selain menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Tentu saja, disamping tetap menerapkan strategi jitu seperti di bawah ini:

  • Belajar Memahami Konsep Dari Materi Setiap Pelajaran

Soal dengan tipe HOTS ini membutuhkan kemampuan menganalisa, pemikiran kritis, pemecahan masalah, kreativitas, hingga inovasi. Jadi, kamu harus benar-benar paham dulu konsep dari materi setiap mata pelajaran.

Misalnya, untuk sebuah rumus, bukan sekedar menghafalnya, kamu juga harus tahu dari mana datangnya rumus itu. Kalau kamu sudah paham konsepnya, dijamin deh akan lebih ingat lebih lama tentang rumus itu. Selain itu, kamu juga harus bisa mengaitkan dengan materi-materi lainnya.

Nah, mengingat soal tipe HOTS ini biasanya memerlukan waktu lebih lama untuk dipahami, sebelum akhirnya bisa dijawab atau dikerjakan, cobalah untuk selalu efektif dalam mengerjakannya.

Oh iya, belajar menggunakan materia video yang banyak ditawarkan oleh beberapa aplikasi belajar online juga akan bisa membantu. Tapi tentu tidak semua video bagus. Kamu harus pilih juga video yang memberikan pemahaman materi pelajaran dengan contoh-contoh di kehidupan nyata. Dijamin, kamu pasti akan lebih mudah mengingatnya. 

  • Pelajari Kisi-kisi UN

Agar lebih fokus dalam belajar, kamu juga perlu mempelajari kisi-kisi soal UN 2019 yang sudah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dengan begitu, kamu juga akan lebih paham tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan belajar juga akan lebih efektif.

  • Beri Tanda Khusus Pada Soal

Saat UN nanti, tidak semua soal memiliki bobot yang sama, pun demikian jika diukur dari tingkat kesulitan. Apalagi tingkat kesulitan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain juga belum tentu sama. Untuk soal bertipe HOTS misalnya, akan berjumlah 15 sampai 20 persen dari keseluruhan soal. Karena itu, jika kamu membaca soal dan dan belum bisa menjawab maka beri tanda di nomor soal tersebut atau mencatatnya pada kertas buram yang bisa kamu minta pada pengawas saat ujian.

Misalnya, tanda silang (X) untuk soal yang menurut kamu sulit. Lalu tanda bulat (O) untuk soal yang masuk kategori sedang dan tanda centang () untuk soal yang kamu anggap mudah. Tanda ini akan memudahkan saat kamu akan kembali mengerjakan soal yang belum dijawab. Setidaknya, bisa kamu ukur berapa nilai yang akan kamu dapatkan setelah mengerjalan semua soal.

  • Cari kata kuncinya

Strategi lain yang perlu kamu lakukan saat mengerjakan soal tipe HOTS adalah menemukan terlebih dahulu kata kuncinya. Pasalnya, soal HOTS biasanya berbelit-belit. Dengan menemukan kata kunci, maka kamu bisa fokus menemukan jawaban, karena tidak akan keluar dari alurnya.

  • Perbanyak Latihan soal HOTS

Jika strategi paling awal, yakni memahami konsep dan bukannya menghafal sudah kamu kuasai, pun demikian strategi lainnya, langkah terakhir dan tak kalah penting adalah perbanyak latihan soal HOTS. Masalahnya, ini akan sangat beragam. Dan jika belum terbiasa dengan soal tersebut, kamu pasti akan kesulitan dalam mengerjakannya. Ingat kata pepatah, bisa karena terbiasa.

Kelas Pintar: Kelas Pintar adalah salah satu partner Kemendikbud yang menyediakan sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik.